Kamis, 16 Februari 2012

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Obesitas


Obesitas adalah suatu penyakit yang menyebabkan seseorang menjadi memiliki badan gemuk yang berlebihan. Berikut ini ada tujuh kebiasaan yang paling berbahaya yang dapat melebarkan ukuran pinggang Anda, dilansir melalui healthdefine.com, Rabu (15/2).


Merokok
Mungkin kebiasaan ini dapat mengurangi nafsu makan Anda sehingga bisa menurunkan beberapa kilogram berat badan. Sayangnya, sebuah penelitian justru mengungkapkan sebaliknya. Merokok mempengaruhi daerah-daerah di tubuh dimana tempat lemak berkumpul.

Konsumsi Alkohol Berlebih
Segelas minuman alkohol mungkin tidak terlalu kelihatan dampaknya. Namun, bila menjadi kebiasaan, minuman alkohol dapat mempengaruhi bentuk perut Anda.

Stres
Stres tak hanya membuat kulit Anda menjadi keriput dan rambut ubanan, tetapi juga dapat mengubah ukuran lingkar pinggang Anda. Penelitian telah menemukan bahwa kadar hormon kartisol yang tinggi, yang dilepaskan dalam keadaan stres, mendukung penumpukan lemak di bagian perut.

Tidak Minum Air 2 Liter Per Hari
Air memainkan peran penting dalam melunakkan dan menghancurkan lemak, terutama di bagian perut. Karena tubuh dapat bekerja sangat baik ketika penuh cairan. Selain itu, air juga membantu menciptakan rasa kenyang, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit. Pastikan selalu membawa air setiap beraktivitas untuk melepaskan dahaga.

Tidur Tak Teratur
Kurang tidur membuat seseorang rentan kelelahan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kelelahan tak hanya mempengaruhi tubuh, namun juga mempercepat proses penuaan. Kelelahan menimbulkan seseorang untuk merasa lapar, sehingga lebih rentan terhadap makanan berkalori tinggi.

Puasa demi Menurunkan Berat Badan
Anggapan ini salah besar. Tubuh akan bereaksi akibat menahan lapar dengan melepaskan hormon stres, yang dapat mengubah kalori menjadi lemak.

Kurang Olahraga
Selain menaikkan kepercayaan diri, olahraga kecil akan bekerja dalam pengencangan otot perut, sehingga ukuran lingkar pinggang Anda akan tetap ideal.